Kamis, 09 September 2010

RINGKASAN MATERI FISIKA DASAR

Bagi anda yang tidak punya pegangan materi fisika dasar, dengan pokok bahasan terkait teknik sipil atau arsitektur boleh mencoba membaca dan mendownload pada link dibawah !!!
Jangan kecewa, karena memang cukup ringkas dan jangan ditanya kualitasnya karena hanya 26 halaman saja, dan harus memuat 8 pokok bahasan !!!. Minimal bisa untuk dibaca sambil bengong !. Bagi orang fisika bengong adalah inspiratif dan berguna :) , Hehehe…
title

Ini dia cakupan materinya:
Bab1______BESARAN & PENGUKURAN

Fisika berasal dari bahasa Yunani, physikos yang berarti ‘alamiah’. Karena itu Fisika merupakan suatu ilmu pengetahuan dasar yang mempelajari gejala-gejala alam dan interaksinya yang terjadi di alam semesta ini. Hal-hal yang dibicarakan di dalam fisika, selalu didasarkan pada pengamatan eksperimental dan pengukuran yang bersifat kuantitatif.
Fisika terbagi atas dua bagian yaitu :
1. Fisika klasik yang meliputi bidang : Mekanika, Listrik Magnet, Panas,Bunyi, Optika dan Gelombang.
2. Fisika Modern adalah perkembangan Fisika mulai abad 20 yaitu penemuan Relativitas Einsten.
Ilmu Fisika mendukung perkembangan teknologi, enginering, kedokteran dan lain-lain.
Untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadi atau dialami suatu benda,diperlukan pengukuran berbagai besaran-besaran fisika. …..

Bab2______KINEMATIKA

Kinematika adalah mempelajari mengenai gerak benda tanpa memperhitungkan penyebab terjadi gerakan itu. Benda diasumsikan sebagai benda titik yaitu ukuran, bentuk, rotasi dan getarannya diabaikan tetapi massanya tidak. Dalam kinematika meliputi gerak :
• Gerak satu dimensi: gerak lurus beraturan(glb), gerak lurus berubah beraturan(glbb), dan gerak lurus berubah tidak beraturan
• Gerak dua dimensi: gerak melingkar dan gerak peluru
• Gerak tiga dimensi: gerak benda yang mempunyai tiga komponen(x,y,z) misal gerak muatan dalam medan magnet dan medan listrik
• Gerak relatif: gerak benda yang diamati oleh pengamat pada saat bergerak atau diam.
Dalam kinematika besaran-besaran yang mempengaruhi gerak benda adalah: Perpindahan(displacement), Kecepatan(velocity) dan Percepatan(accelaration). …..
Bab3_____DINAMIKA
Cabang dari ilmu mekanika yang mempelajari gerak partikel dengan meninjau penyebab geraknya dikenal sebagai dinamika. Dalam bab ini kita akan membahas konsep-konsep yang menghubungkan kondisi gerak benda dengan keadaan-keadaan luar yang menyebabkan perubahan keadaan gerak benda. ….
Bab4_____USAHA DAN ENERGI
Konsep fisika dalam dinamika yang juga dapat digunakan untuk mengetahui keadaan gerak suatu benda yang menghubungkan pengaruh luar (gaya) dengan keadaan gerak benda, selain hukum Newton adalah konsep usaha (kerja) dan energi (tenaga).
Bedanya dengan konsep hukum newton, usaha dan energi adalah besaran skalar. Karena itu, untuk beberapa kasus, konsep usaha-energi dapat lebih mudah digunakan untuk mengetahui keadaan gerak suatu benda akibat pengaruh luar (gaya)…..
Bab5_____KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
Benda dikatakan berada dalam kesetimbangan apabila:
{1}Benda itu sebagai satu keseluruhan tetap diam atau bergerak menurut garis lurus dengan kecepatan konstan
{2}Benda itu tidak berotasi sama sekali atau berotasi dengan kecepatan tetap
Apabila benda dalam kesetimbangan maka resultan dari semua gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol….
Bab6_____MEKANIKA ZAT PADAT DAN FLUIDA
Pada benda tegar, jarak relatif antara bagian-bagian atau partikel-partikel penyusun materinya tetap, berbeda dengan Fluida, yaitu kasus di mana jarak relatif antara bagian-bagian materi atau partikel-partikel penyusun materi dapat berubah-ubah. Fluida, dapat berupa cairan maupun gas, dan dinamai fluida karena memiliki sifat dapat mengalir.
Karena partikel-partikel dalam fluida dapat mudah bergerak, secara umum rapat massanya tidak konstan. Walaupun begitu dalam hanya akan meninjau keadaan dengan kerapatan konstan……
Bab7_____OSILASI & GELOMBANG
Berdasarkan mekanismenya, gelombang dibedakan:
{1} Gelombang mekanis yaitu gelombang yang cepat rambatnya tergantung pada besaran mekanik.
{2} Gelombang elastik yaitu gelombang yang cepat rambatnya tergantung pada besaran-besaran elastisitas.
{3} Gelombang permukaan dalam zat cair yaitu gelombang yang cepat rambatnya tergantung pada besaran permukaan cairan.
  {4} Gelombang elektromagnetik yaitu gelombang yang cepat rambatnya tergantung pada besaran listrik dan magnetik……
Bab8_____TEMPERATUR, KALOR & HUKUM TERMODINAMIKA
Panas dapat berpindah dari suatu tempat (atau benda) ke tempat (atau benda) lain melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi dan radiasi. Konduksi melibatkan molekul-molekul atau atom-atom (dan/atau elektron-elektron bebas) yang bergerak pada jarak pendek dan bertumbukan. Secara umum terjadi pada benda padat. Sedangkan konveksi melibatkan gerak molekul-molekul pada jarak yang besar, dan merupakan mekanisme utama perpindahan panas dalam fluida disekitar kita…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar